Media informasi dan Dakwah

Selasa, 03 Agustus 2010

Scoliosis da penanganannya

Scoliosis dan Penanganannya
Apa itu Scoliosis?
Scoliosis adalah kelainan lengkungan tulang belakang ke arah samping. Penyebabnya tidak diketahui (Idiopatik), kelainan bawaan (Congenital) dan gangguan otot dan saraf (Neuromuskular)


Sebagian besar scoliosis tergolong idiopatik, pada awalnya tulang belakang tidak melengkung ke samping, pada perioda tertentu terjadi pembengkokan kesamping, yaitu saat bayi ( dari lahir sampai usia 3 tahun) disebut infantile scoliosis, pada masa anak (usia 3-10 tahun) disebut juvenile, dan remaja (diatas 10 tahun) yaitu adolescence dan pada dewasa. Adolescence Idiopatic Scoliosis merupakan jumlah terbanyak kelainan ini
Scoliosis congenital disebabkan oleh kelainan bentuk tulang berupa kegagalan pembentukan maupun kegagalan pemisahan

Scoliosis neuromuskuler disebabkan oleh penyakit otot dan saraf, karena kelemahan dan kelumpuhan otot
Bagaimana scoliosis bisa diketahui?
Skoliosis umumnya tidak menimbulkan keluhan, bisa diketahui dengan melihat kelurusan tulang belakang dari belakang, atau dapat lebih jelas terlihat jika yang diperiksa membungkuk dan kedua tangan menggantung, akan terlihat punggung yang tidak simetris, dapat juga diketahui dari adanya bahu atau panggul yang tidak sama tinggi pada satu sisi.

Untuk memastikan adanya scoliosis dilakukan dengan pemeriksaan foto rontgen berdiri dari depan ke belakang
Bagaimana cara pengobatan scoliosis?
Scoliosis dikelompokkan sebagai ringan, sedang dan berat, ditentukan oleh besarnya sudut lengkungan. Pada scoliosis ringan  dilakukan pengawasan dan latihan agar sudut lengkungan tidak bertambah. Pada scoliosis sedang dilakukan pencegahan agar tidak menjadi berat dengan memakai alat orthotik. Sedangkan scoliosis berat memerlukan tindakan operasi untuk mencegah sakit punggung, sesak nafas dan gangguan jantung di kemudian hari.
Untuk memperoleh informasi lebih lanjut?
Hubungi :
Klinik Tulang Belakang (Setiap hari Selasa pk. 14.00 – 16.00 WIB)
RS. Orthopaedi Prof. Dr. R. Soeharso
Jl. Jend. A. Yani, Pabelan, Surakarta
Website: www.rso.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar